Rabu 20 Mar 2013 18:00 WIB

Pancaroba Datang, DBD Mengancam

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: A.Syalaby Ichsan
Kampanye DBD
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Kampanye DBD

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Diare masih menjadi penyakit yang kerap timbul di masa peralihan antara musim hujan dengan musim kemarau (pancaroba).

Warga pun diminta untuk terus menggiatkan program PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk). Kepala Puskesmas Bogor Timur, Dr Lindawati menyatakan, hampir setiap tahun selama masa pancaroba, Puskesmas Bogor Timur memang kedatangan pasien dengan berbagai keluhan.

Penyakit yang paling sering menjangkiti warga adalah DBD dan Diare.''Hampir bisa dipastikan, setiap masa pancaroba setiap tahunnya ada saja warga yang terkena DBD ataupun Diare,'' kata Lindawati kepada Republika, Selasa (20/3).

Untuk itu, dia pun mengimbau kepada warga untuk bisa melakukan pencegahan ketimbang nantinya harus melakukan pengobatan. Praktik-praktik pencegahan dapat dilakukan dengan melakukan PSN, Abatesasi (pemberian bubuk abate ke tempat penampungan air), dan melakukan 3M (Menutup, Menguras, dan Mengubur).

Selain itu, warga pun diminta untuk menerapkan kebiasaan mencuci tangan dengan sabun dan menerapkan Pola Hidup Bersih Sehat. ''Akhirnya tanggung jawab masalah kesehatan bukan hanya milik pemerintah, tapi juga tanggung jawab bersama,'' ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement