Senin 18 Mar 2013 06:21 WIB

PLN Anjurkan Pelanggan Punya Generator Listrik Sendiri

Instalasi Listrik PLN
Foto: Antara
Instalasi Listrik PLN

REPUBLIKA.CO.ID, TIMIKA -- Manajemen PT PLN (Persero) Rayon Timika, Papua, menganjurkan sejumlah pelanggan besar di daerah itu, seperti Diana Supermarket, Gelael, Telkomsel dan lainnya memiliki generator listrik sendiri.

Generator nantinya dapat digunakan untuk memback-up usaha mereka agar daya listrik yang ada bisa dimanfaatkan untuk melayani kebutuhan rumah tangga.

Hal itu dikemukakan Manajer PLN Rayon Timika, Semuel Farwas, menyusul pemeliharaan tiga unit pembangkit yang mengakibatkan terjadinya pemadaman bergilir.

"Kami mohon maaf atas kondisi yang terjadi," kata Farwas.

Menurut dia, tiga unit mesin yang sementara dalam tahap perbaikan itu merupakan mesin sewa Pemkab Mimika, mesin sewa dari PT Manunggal dan mesin pembangkit milik PLN Timika sendiri.

Dengan perbaikan tiga unit mesin pembangkit tersebut, PLN Timika mengalami defisit daya sebesar 1,8 mega watt. Kondisi itu telah berlangsung sejak Februari dan diharapkan akan segera teratasi dalam beberapa hari ke depan.

Farwas mengatakan saat ini beban puncak listrik di Timika sebesar 17,1 mega watt, sedangkan daya mesin pembangkit yang ada hanya 15 mega watt.

Saat ini total pelanggan PLN Timika tercatat telah mencapai 26 ribu.

Untuk mengatasi krisis daya listrik, PLN Timika mengusulkan ke pusat untuk melakukan sewa tiga unit pembangkit baru dengan kapasitas tiga mega watt.

"Kami sudah usulkan ke pimpinan, mudah-mudahan dalam waktu dekat terealisasi mengingat pertumbuhan rasio elektrifikasi di Timika sangat tinggi," harap Farwas.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement