Ahad 17 Mar 2013 02:00 WIB

Puskesmas Harus Maksimal Tangani Pasien

Salah satu Puskesmas di Bojonggede, Bogor.
Foto: Republika/Musiron
Salah satu Puskesmas di Bojonggede, Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Karawang, Jawa Barat, meminta pihak Puskesmas yang tersebar di seluruh wilayah sekitar Karawang "tidak obral" untuk merujuk pasien ke RSUD setempat.

"Puskesmas seharusnya menangani pasien sampai maksimal terlebih dahulu, sebelum merujuk ke RSUD Karawang. Itu penting agar tidak terjadi penumpukan pasien di RSUD," kata Direktur Utama RSUD Karawang Dr Wuwuh Utami Ningtyas, di Karawang, Sabtu.

Dikatakannya, saat ini cukup banyak pasien rujukan dari Puskesmas dan hampir setiap hari RSUD Karawang menerima pasien rujukan tersebut.

Kondisi itu dinilai telah mengakibatkan terjadinya penumpukan pasien di RSUD Karawang, khususnya di ruangan kelas III RSUD setempat.

Untuk menghindari terus terjadinya penumpukan pasien di RSUD, kata Wuwuh, pihaknya meminta Puskesmas menangani pasien secara maksimal terlebih dahulu sebelum dirujuk ke RSUD Karawang.

Setelah ditangani secara maksimal di Puskesmas tetapi kondisi kesehatan pasien tidak mengalami perubahan signifikan, baru bisa dirujuk ke RSUD.

"Jika seluruh Puskesmas di Karawang melakukan penanganan maksimal terlebih dahulu sebelum merujuk ke RSUD, maka kondisi RSUD Karawang tidak terlalu terjadi penumpukan pasien," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement