Sabtu 16 Mar 2013 17:02 WIB

Pasar Benhil Segera Diremajakan

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Karta Raharja Ucu
Pasar Bendungan Hilir (Benhil).
Foto: IST
Pasar Bendungan Hilir (Benhil).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasar tradisonal Bendungan Hilir (Benhil), Jakarta Pusat akan segera diremajakan. Peremajaan itu menyusul kondisi pasar yang berdiri sejak 1972 itu sudah tidak memadai lagi.

Berdasarkan pantauan ROL di lokasi, kondisi pasar itu memang sudah tidak layak lagi. Banyak terjadi kerusakan di sana sini. Bangunan pasar yang berlantai dua itu lantainya sudah banyak yang bolong termakan usia dan hanya ditambal dengan semen seadanya. Atap pasar dipenuhi sarang laba-laba.

Bangun fisik pasar makin terlihat kumuh karena dinding yang kusam. Selain itu, jalan raya depan pasar juga kerap banjir bila hujan besar melanda. Kondisi ini sangat disayangkan mengingat lokasi Pasar Benhil yang sangat strategis dan dikelilingi perkantoran. Akibatnya, pasar ini sudah mulai ditinggalkan pembeli maupun pedagang.

Atin, salah satu pedagang di pasar mengakui bila jumlah pembeli semakin menurun. "Karena kita sudah banyak pesaingnya kaya pasar modern," ujarnya saat berbincang dengan ROL, Sabtu (16/3).

Atin mengaku setuju mengenai rencana peremajaan pasar itu. Sebab, kata dia, kondisi pasar sudah sangat tertinggal. Menurut Atin, kabar pasar akan dibongkar sudah berhembus sejak lama. Namun hingga kini tidak ada realisasinya. "Dari tahun 2005 sudah ada surat edarannya," ujar pedagang kios pakaian ini.

Direktur Utama PD Pasar Jaya, Jangga Lubis membenarkan hal itu. Menurutnya rencana meremajakan pasar memang sudah ada sejak lama. Namun ia belum tahu kapan hal itu akan direalisasikan. "Jelas rencana itu sudah ada, tapi belum sekarang," kata dia.

Sebab sebelum pasar diremajakan harus ada sosialisasi terlebih dahulu kepada para pedagang. Jangga berharap perombakan total pasar bisa dilaksanakan tahun ini.

Tetapi ia belum mau membocorkan seperti apa konsep pasar yang akan dibangun ulang itu. "Kita akan optimalkan, karena itu letak pasarnya sangat strategis, jadi sayang lah kalau pasarnya seperti itu," sebut dia.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui PD Pasar Jaya memang sudah berencana melakukan revitalisasi pasar untuk meningkatkan daya saingnya dengan minimarket dan pasar modern. Anggaran yang disiapkan Pemprov DKI Jakarta untuk perbaikan pasar bervariasi, mulai dari sembilan miliar rupiah hingga Rp 270 miliar.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement