Jumat 15 Mar 2013 15:05 WIB

Ini Alasan SBY Tak Hadir di Kongres HMI

Rep: Esthi Maharani/ Red: Mansyur Faqih
Presiden SBY
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Presiden SBY

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) batal menghadiri kongres Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang digelar hari ini, Jumat (15/3). Alasan utama pembatalan tersebut karena keamanan. 

Juru bicara presiden Julian Aldrin Pasha mengatakan, hingga pekan lalu, belum ada jaminan mengenai keamanan jika SBY hadir. "Pekan lalu, presiden dilaporkan belum ada jaminan, kepastian bahwa kongres akan berjalan dengan tertib, lancar, yang mana itu menjadikan syarat bagi kepala negara," katanya, Jumat. 

Ketidakhadiran SBY dalam kongres HMI ini merupakan yang pertama. Pada tahun sebelumnya, SBY tak pernah absen. Menurut dia, kongres terdahulu berlangsung damai, tertib, aman, dan kondusif. 

Kalau pun ada perbedaan pandangan di dalam HMI, itu bagian dari dinamika demokrasi. "Kita harus hargai pendapat. Tapi, kalau berubah jadi suatu yang tidak patut, ini yang harus kita hindari," katanya. 

Julian menegaskan, pembatalan tersebut bukan berarti presiden ditolak hadir. Presiden, lanjutnya, memang diundang dalam kongres. 

Kala itu, SBY menanyakan kepada para menteri terkait bagaimana kondisi sebetulnya di internal HMI. "Beliau hanya ingin memastikan kondisinya kondusif untuk kongres dan bisa berjalan tertib," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement