Rabu 13 Mar 2013 20:09 WIB

Longsor Rusak Empat Rumah di Garut

Rumah warga yang dilanda longsor (ilustrasi).
Foto: Antara/Arif Pribadi
Rumah warga yang dilanda longsor (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Sebanyak empat rumah rusak diterjang longsor tanah tebing di kawasan Talegong, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Penghuni rumah tersebut terpaksa mengungsi ke rumah saudara mereka.

"Satu rumah hancur, tiga rumah rusak ringan, akibat terkena longsoran tanah tebing yang terjadi Selasa (12/3)," kata Camat Talegong Nurodin saat dihubungi melalui telepon seluler, Rabu (13/3).

Ia menerangkan longsor tanah tebing itu melanda Kampung Cigembong, Desa Mekarmulya, Kecamatan Talegong, Selasa sekitar pukul 15.00 WIB, sebelumnya daerah tersebut sempat diguyur hujan deras.

Dalam peristiwa itu, kata Nurodin tidak ada korban jiwa, penghuni yang rumahnya hancur berhasil menyelamatkan diri ketika mengetahui ada tanda-tanda akan terjadi bencana longsor.

"Rumah yang hancur itu milik keluarga Wardan, Wardan bersama istri dan satu anaknya berhasil menyelamatkan diri sebelum longsor menimbun rumahnya," katanya.

Keluarga Wardan dan tiga rumah rusak lainnya, kata Nurodin, sementara waktu mengungsi ke rumah saudaranya yang masih berada satu desa.

Ia mengatakan warga korban longsor telah diberi bantuan berupa kebutuhan makanan pokok selama mengungsi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut.

"Mereka semua mengungsi dulu, dan pemerintah sementara memberikan bantuan tanggap darurat dan selanjutnya merencanakkan bantuan perbaikan rumah," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement