Rabu 13 Mar 2013 14:20 WIB

Pesan SBY untuk Presiden Mendatang

Rep: Esthi Maharani/ Red: Mansyur Faqih
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
Foto: Antara/Andika Wahyu
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan pesan-pesannya kepada calon presiden dan calon menteri setelah masa kepemimpinannya usai. Pesan singkat itu disampaikan ketika menerima Komite Ekonomi Nasional (KEN) di Kantor Presiden.

Menurut SBY, siapa pun yang nantinya memimpin bangsa Indonesia, harus siap dengan segala kondisi dan masalah yang terjadi. Karena, ujian dan masalah selalu ada sehingga pemimpin harus siap menghadapi hal tersebut. 

"Menjadi presiden menangani masalah yang kompleks. Siapa pun yang di sini (menjadi presiden), menjadi menteri harus siap dengan segalanya. Tidak pernah ada hari yang sama dan sepi masalah. Ujian dan masalah akan datang selamanya," katanya, Rabu (13/3). 

Ia juga menekankan tidak ada hari yang sama, setiap hari berbeda. Karena itu, persoalan yang dihadapi oleh pemimpin tidaklah mudah, selalu kompleks. 

"Every day is a challenge. That’s life," ungkap Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat tersebut.

Dalam dua tahun ke depan seringkali disebut-sebut sebagai tahun politik. Sejumlah dinamika politik nasional sudah terjadi. Termasuk munculnya sejumlah nama yang mulai dijagokan untuk menjadi RI-1. 

SBY sendiri sering menyebutkan agar meski tahun politik sudah dimulai tetapi stabilitas nasional perlu tetap dijaga. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement