Senin 11 Mar 2013 10:57 WIB

Kota Bogor Bersiap Gelar Cap Go Meh

Chinese Indonesians hold a parade to celebrate Cap Go Meh in Jakarta on Sunday or 15 days after the Chinese New Year 2562. (illustration)
Foto: Republika/Agung Fatma Putra
Chinese Indonesians hold a parade to celebrate Cap Go Meh in Jakarta on Sunday or 15 days after the Chinese New Year 2562. (illustration)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Kepolisian Resor Bogor Kota menggelar rapat koordinasi terkait pengamanan kegiatan Parade Cap Go Meh 2013 yang diikuti sejumlah pihak terkait di Mapolres Bogor Kota, Senin.

"Bagaimana bentuk persiapan dan kegiatan keamanan itu semua dibahas dalam rapat koordinasi ini," kata Kepala Bagian Operasi Polres Bogor Kota Kompol Sahroni.

Kompol Sahroni menyebutkan bahwa rapat diikuti sejumlah instansi terkait diantaranya DLLAJ, Satpol PP, Orari dan pihak Vihara Dhanagun selaku penyelenggara.

Rapat tersebut membahas sejumlah kegiatan di antara persiapan personel keamanan dari Polres Bogor dan dibantu TNI.

Selain itu juga dibahas terkait pengalihan arus di Jalan Suryakencana dan Siliwangi pada saat Parade Cap Go Meh berlangsung.

"Mekanisme pengalihan arus juga akan dibahas teknisnya seperti apa. Agar pengalihan ini tidak menggagu kelancaran aktivitas masyarakat lainnya," kata Sahroni.

Sahroni menyebutkan, tugas Polres Bogor Kota dalam kegiatan tersebut dalam bentuk memberikan pelayanan dengan kriteria kesuksesan acara dan tidak menggagu aktivitas warga lainnya.

Karena perayaan akan menggunakan ruas jalan utama, maka dipastikan penutupan ataupun pengalihan arus dijalan tersebut akan berdampak pada jalan yang lain.

"Kami juga menghimbau masyarakat untuk memaklumi jika ada gangguan arus lalu lintas pada saat perayaan terjadi," kata Sahroni.

Sementara itu, Koordinator Lapangan DLLAJ di Surya Kencana dan Otista Iwan K mengatakan, pihaknya siap mendukung kegiatan Cap Go Meh tersebut, tapi diakuinya pihaknya terkendala dengan pengalihan arus angkutan kota.

"Bagaimanan mekanisme pengalihan arus khususnya untuk angkutan kota perlu dievaluasi kembali," katanya.

Parade Cap Go Meh 2013 akan diselenggarakan Rabu (13/3) oleh Vihara Dhanagun.

Seperti biasa agenda tahunan tersebut dipusatkan di kawasan Jalan Surya Kencana dan Siliwangi.

"Arak-arakan Parade Cap Go Meh ini akan diikuti sekitar 5.000 orang lebih," kata Ketua Panitia Parade Cap Go Meh Arifin Himawan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement