Sabtu 09 Mar 2013 19:04 WIB

Max: Saya Siap Jadi Plt Ketua Umum Demokrat

Rep: Ira Sasmita/ Red: Mansyur Faqih
Max Sopacua
Foto: Antara
Max Sopacua

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Max Sopacua mengaku siap untuk menjadi pelaksana tugas (plt) menggantikan Anas Urbaningrum.

"Ya, siap saja. Kami kan menerima perintah partai, harus siap," jelas dia ketika dihubungi Republika, Sabtu (9/3).

 Demokrat akan segera menuntaskan persoalan kosongnya kursi ketua umum setelah ditinggal Anas Urbaningrum. Ada dua opsi yang akan ditempuh. Yaitu menunjuk pelaksana tugas (plt) sementara ketua umum. Atau menggelar kongres luar biasa (KLB) untuk memilih ketua umum tetap.

"Tapi yang paling tepat untuk Demokrat saat ini adalah pelaksanaan KLB," kata anggota Komisi I DPR tersebut.

Namun, ujar dia, opsi mana yang akan dipilih diserahkan sepenuhnya kepada ketua majelis tinggi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Keputusan itu akan berdasarkan pada hasil konsultasi anggota majelis tinggi Amir Syamsuddin dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) beberapa waktu yang lalu.

Konsultasi itu Amir itu terkait kewenangan penandatanganan daftar calon anggota legislatif sementara (DCS). Ini mengingat ketentuan dalam UU Pemilu yang mensyaratkan DCS harus ditandatangani ketua umum dan sekjen. 

"Pak SBY baru sampai tadi pagi. Kami kira secepatnya akan disampaikan hasil konsultasi dengan KPU oleh Pak Amir kepada beliau," ujar anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat tersebut.

Jika opsi pertama yang dipilih, lanjutnya, plt hanya akan bertugas hingga KLB dilaksanakan. Ia juga menyebut beberapa nama yang mencuat untuk diusung menjadi plt. Namun, keputusan akan ditentukan oleh SBY.

"Kalau ada yang bilang tiga nama, saya, Pak Syarief, atau Toto, itu kan yang disebut orang lain. Semuanya diserahkan pada majelis tinggi. Saya kira besok atau secepatnya Pak SBY mungkin akan menerima dulu hasil konsultasi dengan KPU," ungkap Max.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement