Sabtu 09 Mar 2013 12:20 WIB

Andrea Hirata Terima 'Buch Award' di Berlin

Andrea Hirata
Foto: Antara
Andrea Hirata

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Novelis Andrea Hirata meraih penghargaan 'ITB Buch Award 2013' dalam pameran pariwisata terbesar di ITB Berlin, Jumat (8/3) sore waktu setempat.

Penulis 'Laskar Pelangi' yang mengisahkan perjalanan anak muda dengan latar belakang keindahan Pulau Belitung itu menjadi buku 'best seller' dan telah diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa itu mendapat penghargaan ITB Buch Award kategori literatur yang diorganisir Messe Berlin.

Pada pameran pariwisata terbesar di dunia ITB Berlin 2013 itu, Indonesia menjadi 'official partner country' penyelenggaraan pameran bursa pariwisata terbesar di dunia yang telah berlangsung sejak 1966.

Kepada wartawan, Andrea Hirata mengatakan tidak mengetahui pasti kriteria yang dalam penilain bukunya.

"Saya kurang tahu pasti proses pemberian penghargaan diberikan oleh panitia penyelenggara pameran pariwisata ITB Berlin," ujar Andrea usai acara penyerahan penghargaan bersama dengan penulis buku wisata lainnya di Komplek Gedung Messe Berlin.

Andrea yang bukunya sudah diterbitkan ke dalam berbagai bahasa dan menjadi 'book of the month' di Australia itu mengaku dalam beberapa bulan belakangan ini, ia disibukkan dengan terjemahan dan editing buku Laskar Pelangi yang sudah terbit di sekitar 17 negara yang cukup rumit, bahkan di Amerika Serikat sampai 14 bulan.

Menurut Andrea, dengan penghargaan yang diberikan untuk buku Laskar Pelangi, Pulau Bangka Belitung semakin dikenal dan banyak wisatawan yang datang yang tentunya akan dapat meningkatkan ekonomi rakyat.

"Saya optimistis hal itu diirngi dengan perkembangan buku di Tanah Air," ujar Andrea yang mengaku siap membantu penulis muda yang ingin menerbitkan bukunya di luar negeri.

Diakuinya memang tidak mudah dalam menulis buku, tetapi potensinya cukup besar dan untuk itu Andrea siap membantu penulis muda yang ingin menerbitkan buku.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement