Jumat 08 Mar 2013 21:02 WIB

UN SD Tetap Tiga Mata Pelajaran

Rep: Fenny Melisa/ Red: Mansyur Faqih
Siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) kelas enam mengikuti ujian nasional (ilustrasi).
Foto: Antara/Agung Supriyanto
Siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) kelas enam mengikuti ujian nasional (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kemendikbud berencana menyelenggarakan Ujian Nasional (UN) untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) pada 13-15 Mei 2013. Dipastikan, mata pelajaran yang akan diujikan di UN SD tetap tiga pelajaran.    

"UN SD tetap tiga pelajaran, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, dan IPA. Tidak ada perubahan," ujar Kabalitbang Kemendikbud Khaeril Saleh saat dihubungi, Jumat (8/3).

Anggota Badan Nasional Standar Pendidikan (BNSP) Edy Wibowo menambahkan, tidak ada perubahan terkait mata pelajaran yang diujinasionalkan untuk jenjang SD. 

BSNP, katanya, belum berpikir untuk menjadikan mata pelajaran agama untuk diujikan dalam UN SD. Dikatakan, mata pelajaran itu hanya untuk ujian sekolah, bukan UN. 

Ini karena dalam PP No 19/2005 Standar Nasional menetapkan mata pelajaran yang diujinasionalkan. "Selain Bahasa Indonesia, mata pelajaran lain yaitu Matematika dan IPA," kata Edi. 

Ia menjelaskan, saat ini persiapan soal untuk UN SD sudah matang. "Ujian susulan bagi yang tidak bisa mengikuti UN itu sepekan setelah UN diselenggarakan," tutur dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement