Kamis 07 Mar 2013 18:34 WIB

Lima Alasan PDB Bergabung dengan PAN

Rep: Muhammad Hafil/ Red: Mansyur Faqih
Partai Demokras Pembaruan (PDB)
Foto: Antara
Partai Demokras Pembaruan (PDB)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Demokrasi Pembaruan (PDP) resmi bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN), Kamis (7/3). Partai yang diketuai Roy BB Janis itu merapat ke PAN lantaran tidak berhasil menjadi peserta pemilu 2014.  

Sekjen PDB DIdi Supriyanto menyatakan rasa terima kasih kepada PAN yang telah menerima PDB dengan tulus. Ia menjelaskan, PDB yang lahir pada 2005 itu baru sekali ikut pemilu 2009. Namun, pemilu perdana itu hasilnya tak menggembirakan. 

PDB pun kemudian dinyatakan tak lolos sebagai peserta pemilu mendatang. Menurut Didi, setidaknya ada lima alasan yang membuat PDB bergabung dengan PAN. 

Yaitu, adanya beberapa alasan kesamaan. Antara lain, kesamaan ideologi Pancasila, kesamaan sebagai partai yang lahir dari amanat rakyat, dan kesamaan mewujudkan Indonesia sejahtera dan bebas korupsi, kolusi, nepotisme.

Alasan lainnya, jelas dia, PAN memiliki ketua umum yang berpengalaman di pemerintahan. "PAN juga memberikan apresiasi politik pada PDB untuk pemilu 2014 mendatang," katanya, Kamis (7/3).

PDB bukan partai pertama yang bergabung dengan PAN. Sebelumnya,sudah ada beberapa partai yang tak lolos verifikasi dan memilih bergabung dengan PAN. Misalnya Partai Damai Sejahtera.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement