Kamis 07 Mar 2013 12:13 WIB

Mulai 1 April, Jadwal Keberangkatan Kereta Berubah

Rep: Halimatus Sadiah/ Red: A.Syalaby Ichsan
 Rangkaian kereta api (KA) kelas ekonomi jurusan Bandung-Yogyakarta melintas di Jalan Lingkar Nagreg, Kabupaten Bandung, Jabar, Kamis (16/8).  (Adhi Wicaksono)
Rangkaian kereta api (KA) kelas ekonomi jurusan Bandung-Yogyakarta melintas di Jalan Lingkar Nagreg, Kabupaten Bandung, Jabar, Kamis (16/8). (Adhi Wicaksono)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mulai 1 April 2013, PT KAI akan memberlakukan jadwal baru keberangkatan kereta api (KA). Perubahan jadwal ini meliputi seluruh kereta api baik yang berada di Jawa maupun Sumatera.

Direktur Komersial PT KAI Sulistyo Wimbo Hardjito mengatakan, perubahan  dikarenakan adanya penambahan jumlah perjalanan kereta api dan perubahan waktu tempuh perjalanan. Selain itu,  perubahan jadwal  ditujukan untuk memprioritaskan keselamatan penumpang.

"Perubahan ini untuk meningkatkan efektifitas pelayanan angkutan kereta api, baik lokal, jarak dekat, menengah dan jauh," ujar dia dalam acara 'Penjelasan Grafik Perjalanan Kereta Api' di gedung Jakarta Railways Center, Jakarta, Kamis (7/3).

Wimbo mengatakan, jumlah kereta api yang beroperasi di tahun 2013 akan lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Misalnya untuk KA AC mulanya hanya ada dua KA, di tahun 2013 menjadi 10 KA. Selain itu, kata dia, perjalanan KRL komersial semula ada 36 perjalanan, sekarang menjadi 49 perjalanan.

Menurut Wimbo, adanya fasilitas double track di beberapa wilayah juga menjadikan waktu tempuh KA menjadi lebih singkat. Contohnya saja pada KA Gaya Baru jurusan Surabaya-jakarta yang jarak tempuhnya berkurang 161 menit. "Waktunya lebih pendek tapi tarifnya tetap sama," jelas dia.

Sebagai bentuk sosialisasi pada masyarakat, PT KAI akan merilis jadwal perubahan KA lainnya, di website resmi di www.kereta-api.co.id mulai Senin (11/3) 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement