Kamis 07 Mar 2013 04:09 WIB

Waspadai Aliran Listrik di Rumah, Ini Ancamannya

Kebakaran/ilustrasi
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Kebakaran/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Si jago merah kembali mengamuk di wilayah Jakarta Selatan. Api melahap rumah milik Anda (52) di Jalan Pinang 2 RT 004/02, Pondoklabu.

 

Akibatnya, rumah berukuran 6x7 meter milik pedagang soto mi tersebut hangus dilalap api. Penyebab kebakaran diduga akibat hubungan pendek arus listrik (korsleting listrik). 

"Kejadiannya sekitar pukul 12.10 WIB, tiba-tiba ada kepulan asap dari rumah Pak Anda, tukang soto. Tidak tahu penyebabnya apa," ujar Hamdani (55), warga sekitar, seperti dilansir beritajakarta.com.

Melihat api semakin membesar, Hamdani yang rumahnya berdekatan dengan rumah Anda, langsung masuk ke dalam rumah untuk memberitahu keluarga dan menyelamatkan barang-barang berharga. "Saya langsung menyelamatkan anak dan barang-barang berharga. Sementara di luar warga bahu membahu memadamkan kobaran api dengan peralatan seadanya," katanya. 

Beruntung petugas pemadam kebakaran cepat datang ke lokasi. Dengan menerjunkan sebanyak 15 unit mobil pemadam, api akhirnya berhasil dipadamkan dalam waktu 30 menit. 

"Tadi langsung kita lokalisir, sehingga tidak merembet ke rumah lainnya. Api berhasil dipadamkan 30 menit kemudian," ujar Mochtar Zakaria, Kepala Seksi Operasi Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Selatan.

Kebakaran yang menimpa rumah berukuran 6x7 meter itu, kata, Mochtar, diduga karena korsleting listrik. "Awalnya, listrik di rumah itu mati selama setengah jam. Setelah itu listrik dinyalakan, tidak lama muncul percikan api," kata Mochtar.

Dia memastikan tidak korban luka maupun jiwa dalam peristiwa tersebut. Sementara mengenai kerugian materi yang diderita pemilik rumah belum dapat diketahui. "Mengenai kerugian belum bisa diperkirakan," ucapnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement