Selasa 05 Mar 2013 19:23 WIB

Erupsi Merapi Sisakan Endapan Material Vulkanik 70 Juta Meter Kubik

Rep: yulianingsih/ Red: Taufik Rachman
Truk pasir merapi
Foto: Rep
Truk pasir merapi

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Berdasarkan pengamatan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta, hingga saat ini endapan material vulkanik sisa erupsi Gunung Merapi 2010 lalu masih sebanyak 70 juta meter kubik.

Endapan material vulkanik ini berpotensi menjadi banjir lahar dingin ke wilayah hulu jika hujan deras mengguyur puncak gunung tersebut. "Endapan material vulkanik ini sebagian besar menumpuk di lereng sisi Selatan dan Barat Gunung Merapi," terang Kepala BPPTK Yogyakarta, Subandriyo, Selasa (5/3).

Jika terjadi banjir lahar dingin, material vulkanik berupa pasir dan batu-batu besar itu akan meluncur ke wilayah Yogyakarta (Selatan) dan Magelang (Barat).

Untuk meminimalisir terjadinya banjir lahar dingin tersebut kata dia, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bekerjasama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah memasang 5 alat pengalih hujan (Ground Particle Generator/GPG) di Lerang Merapi sebelah Selatan.

Menurutnya ada dua jenis alat yang dipasang, masing-masing berfungsi menghambat pembentukan awan dan mempercepat turunnya hujan. Lima alat itu rencananya akan dioperasikan hingga 25 Maret mendatang.

Lokasi pemasangan alat tersebut ada di lima lokasi yaitu di Kali Kuning, Turgo, Gedung olah Raga di Kaliurang, perempatan Telaga Nirmolo, dan Tritis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement