Selasa 05 Mar 2013 16:22 WIB

Lagi, Cuaca Ekstrem Hampiri Lampung

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Citra Listya Rini
Logo BMKG
Logo BMKG

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Lagi, cuaca ekstrem menghampiri wilayah Lampung dalam dua hari terakhir. Hujan deras disertai angin kencang, kembali mengguyur kota Bandar Lampung, setelah panas menyengat selama bulan Februari lalu.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Radin Inten II Lampung memprediksi cuaca ekstrem seperti ini masih akan terjadi pada dua hari ke depan. BMKG menyebutkan curah hujan yang deras dan angin kencang akan terjadi pada petang, malam, dan pagi harinya.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Lampung, Sawardi, mengatakan cuaca belum normal ini akibat dari iklim yang terjadi di Australia. "Ini gangguan iklim tropis dari Australia," kata Sawardi kepada Republika, Selasa (5/3).

Ia mengatakan kondisi cuaca panas di Lampung sebelumnya sudah terjadi selama bulan Februari lalu. Karena Lampung berada di daerah defergen (gangguan tropis), maka terkena dampak iklim dari Australia.

Setelah adanya gangguan defergen dari Australia pada bulan lalu, Sawardi menyatakan saat memasuki bulan Maret masih terjadi hujan yang deras pada petang dan malam hari. Sebelumnya juga terjadi angin kencang.

BMKG Lampung memprediksi kondisi cuaca ekstrem seperti ini masih akan terjadi satu dua hari ke depan. Hujan yang turun pada petang hari dengan intensitas curah hujan deras dan lama, masih dikategorikan ringan.

Curah hujan 5-10 mm per jam atau 20-50 mm per hari. Sedangkan angin kencang terjadi dengan kecepatan 15-20 knot. "Hujan ini deras dan disertai petir," kata Sawardi.

Kondisi hujan dan petir ini, akan terjadi setiap petang, di wilayah Lampung termasuk kota Bandar Lampung. Setelah hujan berhenti, Sawardi mengatakan baru memasuki musim pancaroba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement