Selasa 05 Mar 2013 15:21 WIB

PAN Akan Evaluasi Dukungan ke Agus Martowardojo

Rep: Ira Sasmita/ Red: Mansyur Faqih
Ketua Fraksi PAN DPR-R, Tjatur Sapto Edy.
Foto: Dok Republika
Ketua Fraksi PAN DPR-R, Tjatur Sapto Edy.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Amanat Nasional (PAN) akan mempertimbangkan dukungannya kepada calon gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo. 

Ketua Fraksi PAN DPR Tjatur Sapto Edy mengatakan, partainya memiliki penilaian khusus terhadap sosok yang layak menjadi pimpinan BI.

"Kalau dia (Agus) akan mendorong BI untuk memajukan usaha kecil, ekonomi kerakyatan. Misalnya ada bank yang akan didorong BI menjadi bank pertanian, kita oke," kata Tjatur di Komplek Parlemen Senayan Jakarta, Selasa (5/3).

Namun, lanjut Tjatur, PAN akan mengevaluas dukungannya. Yaitu jika setelah dilakukan rangkaian fit dan proper test Agus Marto masih mengutamakan kebijakan-kebijakan perbankan yang menguntungkan golongan atas.

 

"Kalau masih elitis, kami pertimbangkan kembali mendukungnya," ungkap wakil ketua komisi III itu.

Komisi XI dijadwalkan akan membahas pencalonan Agus Martowardojo sebagai gubernur BI malam ini. Wakil Ketua Komisi XI DPR Andi Timo Pangerang menyatakan, Komisi XI DPR akan melakukan rapat internal soal pencalonan Agus.

Andi menegaskan, Badan Musyawarah DPR sudah memberikan kewenangan kepada Komisi XI untuk melakukan studi kepatutan dan kelayakan terhadap Agus sebagai gubernur BI. Namun, salinan putusan rapat Badan Musyawarah DPR tersebut belum diterima oleh Komisi XI.

Uji kelayakan dan kepatutan Agus akan bergantung pada hasil rapat internal Komisi XI malam ini. Sebab, pada 12 April 2013 mendatang, DPR akan kembali masuk masa resesi sehingga fit and proper test Agus Marto akan dilakukan sebelum masa reses tersebut.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement