Rabu 27 Feb 2013 16:49 WIB

Ubah Lirik Lagu Justin Bieber, Dokcil Madrasah di Cirebon Jadi Terbaik

Rep: Ilhami Rizqi Ashya/ Red: Djibril Muhammad
Dokter cilik
Foto: antara
Dokter cilik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada acara penghargaan Dokter Kecil-Mahir Gizi 2012 di Kemendikbud Rabu (27/2), SD Madrasah Ibtidaiyah Darul Hikam Cirebon menang sebagai Dokter Cilik terbaik tingkat Nasional. 

Tim Darul Hikam yang digawangi Afiah (12), Izza (12), Roland (11) dan Ahmad (11) ini menang dengan program yang unik.

Dengan mengusung nama program 'Darul Hikmah' berseri ini memiliki tiga program, yang meliputi pengawasan makanan sehat, senam jasmani dan membuat mars dari lagu Justin Bieber 'Baby' yang diubah liriknya.

Kepala Sekolah MI Darul Hikam, Turnida, mengatakan kebanggaannya pada anak muridnya tersebut. "Bangga sekali, karena mereka pelopor dokcil di sekolah, dan menang di nasional sebagai wakil Cirebon," ujarnya sambil tersenyum lebar, di Jakarta, rabu (27/2).

Turnida mengakui sebelumnya di sekolahnya program dokcil belum aktif, namun setelah ada acara penghargaan bagi dokcil ini, ia termotivasi untuk membuat dokcil aktif. "Acara ini hanya stimulan, selanjutnya ini akan jadi program sekolah kami," ujarnya.

Pembimbing tim Darul Hikam mengatakan mekanisme pemilihan timnya ini dari keseharian anak-anak tersebut. Mereka yang aktif dan peduli sesamalah yang dipilihnya. "Ternyata pilihan saya tidak salah," ujarnya terharu.

Afiah, yang bercita-cita jadi dokter, berjanji akan meneruskan misinya menyehatkan anak bangsa hingga ke sekolah menengah nanti.

Selain MI Darul Hikam, dokcil terbaik kedua juga memiliki program yang tidak kalah menarik. Menurut Irfan, siswa SDN 003 Batur Aji Batam ini, mengatakan idenya didapat ketika sekolahnya mengadakan pemeriksaan kesehatan.

"Ada 47 persen teman kami yang gizinya kondisinya tidak ideal, jadi kami mau meningkatkan gizi buat kami sendiri," kata Irfan.

Salah satu programnya adalah mewajibkan setiap siswa membawa bekal sendiri pada Sabtu, tapi tidak boleh nasi. "Biar pada tahu kalau makanan yang mengandung karbohidrat bukan cuma beras," ujarnya lagi.

Pada acara yang diselenggarakan salah satu produk susu bubuk (Dancow) dengan Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI) dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)ini, diikuti ratusan sekolah dasar, hingga akhirnya hanya 29 tim yang maju sebagai finalis.

Dokcil terbaim diraih MI Darul Hikam, terbaik kedua SDN 003 Batu Aji Batam, dan terbaik ketiga SDN Anyelir Depok. Acara ini juga dihadiri Mendikbud Mohammad Nuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement