Rabu 27 Feb 2013 15:38 WIB

Disapu Gelombang Tinggi, Perahu Motor Tenggelam

Rep: Fenny Melisa/ Red: Djibril Muhammad
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho
Foto: antara
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gelombang tinggi akibat siklon tropis Rusty melanda perairan Pulau Moa dan Pulau Leti Kecamatan Moa Lakor Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku Selasa (26/2). Akibatnya perahu motor berpenumpang sepuluh orang tenggelam dihantam ombak. 

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menuturkan kecelakaan yang diakibatkan cuaca buruk tersebut menyebabkan dua meninggal dunia. 

Nama korban yang meninggal yaitu Boifaris Saleky (32 tahun) dan Magdalena Benedik (58 tahun). "Sedangkan korban selamat berjumlah 8 org sedang mendapat perawatan di RS," kata Sutopo.

Siklon tropis Rusty telah memberikan dampak langsung kondisi cuaca dan  perairan di wilayah Indonesia. Menurut BMKG, Rusty memberikan dampak terhadap cuaca di Indonesia berupa hujan dengan intensitas ringan-sedang di Jawa bagian tengah dan timur, Bali, NTB, dan NTT.

Sementara itu, angin kencang juga terjadi di Jawa bagian Selatan, Bali, NTB dan NTT. Gelombang dengan ketinggian 3-4 meter terjadi di Laut Flores, Laut Sumbawa, Laut Sawu bagian utara, Laut Timor, Perairan Kepulauan Sermata, Pulau Leti, Perairan Kepualauan Babar, Kepulauan Tanimbar, Perairan Kepulauan Aru, dan Laut Arafuru bagian barat dan tengah.

Sedangkan gelombang dengan ketinggian 4-6 meter terjadi di Perairan Enggano barat Bengkulu, Perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, Perairan selatan Jawa hingga NTB, Perairan selatan Pulau Sumba, Laut Sawu bagian selatan, Perairan Pulau Sawu, Pulau Rote selatan Kupang, Samudera Hindia sebelah barat Mentawai hingga selatan NTT.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement