Selasa 26 Feb 2013 21:15 WIB

ZSL Latih Pemantau Gerakan Harimau Sumatera

Harimau Sumatera (panthera tigris sumatrae).
Foto: Antara/FB Anggoro
Harimau Sumatera (panthera tigris sumatrae).

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Lembaga konservasi hewan asal Inggris atau Zoological Society of London (ZSL) melaksanakan pelatihan pemantau pergerakan harimau dengan menggunakan teknologi sistem pemosisi global yang dikalungkan kepada hewan itu.

"Pemantauan pergerakan harimau Sumatera atau panthera tigris sumatrae menjadi fokus utama pihaknya bekerja sama dengan instansi terkait untuk memastikan populasi dan berkembangnya satwa dilindungi itu," kata Manager Proyek Suaka Margasatwa Dangku Zooligical Sociaty of London (ZSL), Ifran Imanda, di Palembang, Selasa.

Pihaknya menargetkan harimau Sumatera di wilayah kerja mereka secara bertahap dikalungi sistem pemosisi global atau GPS collar. Dengan teknologi yang tersambung dengan satelit itu, harimau yang dikalungi akan terpantau secara optimal.

Ia mengatakan pergerakan harimau yang terpantau itu tentunya akan memudahkan pihaknya melakukan pengawasan terhadap binatang dilindungi itu. Target selanjutnya adalah setiap lintasan yang dilalui harimau akan menjadi area khusus pergerakan mereka agar tidak diganggu maupun berkonflik dengan manusia.

Dia menjelaskan peserta pelatihan tersebut mewakili dokter hewan, polisi hutan dan unsur lain di Balai Konservasi Sumber Daya Alam se-Sumbagsel. Pelatihan berlangsung 25-27 Februari di BKSDA Sumatera Selatan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement