Senin 25 Feb 2013 13:23 WIB

Ada Pencuri Mau Gondol Pagar Monas

Rep: Halimatus Sadiah/ Red: A.Syalaby Ichsan
Seorang pekerja sedang mengelas pagar monas yang roboh, Ahad (24/2) dini hari WIB.
Foto: Antarafoto
Seorang pekerja sedang mengelas pagar monas yang roboh, Ahad (24/2) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pagar pintu masuk timur Monumen Nasional (Monas) yang roboh mulai diperbaiki secara permanen.

Saat ini, sejumlah pekerja tengah melakukan pengelasan pada pintu pagar yang roboh pada Minggu (24/2) dini hari lalu itu.

Kemarin, pintu pagar yang berwarna hijau itu hanya diikat ke tembok menggunakan tali tambang agar tetap berdiri. Saat ini, tali yang digunakan untuk mengikat itu sudah diganti dengan rantai besi. 

Hingga saat ini, belum ada pihak yang dapat memastikan penyebab robohnya pagar setinggi hampir lima meter itu. Yanto, salah seorang pekerja perbaikan pagar memperkirakan, ada orang yang sengaja berniat jahat membawa lari pagar besi itu. "Kayaknya sih ini dicongkel," ujar dia. 

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jakarta Pusat, Yadi mengatakan kejadian tersebut diperkirakan terjadi pada Ahad dini hari sekitar pukul 01.00 WIB.

Namun, ia juga tidak tahu persis siapa pelaku dan bagaimana kejadian persisnya. Ia mengatakan sudah meninggalkan Monas sejak pukul 24.00 WIB. 

Menurut Yadi, penjagaan Monas secara penuh memang hanya dilakukan hingga pukul 24.00 saja. Sisanya, ada regu piket yang berjaga. Namun, pada saat kejadian regu piket yang bertugas jaga tidak ada di lokasi.

"Jadi mereka di posko, tidak ada di tempat," ujar Yadi, aparat yang paling bertanggung jawab terhadap kemanan Monas selama 24 jam ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement