Sabtu 23 Feb 2013 21:05 WIB

Barongsai Terpanjang se-Asia Lewati Malioboro

Rep: Yulianingsih/ Red: Mansyur Faqih
Barongsai/ilustrasi
Foto: 123newyear.com
Barongsai/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Barongsai terpanjang se-Asia melewati Jalan Malioboro saat puncak Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) 2013, Sabtu (23/2) malam. Barongsai sepanjang 132 meter ini dimainkan oleh puluhan personil TNI Angkatan Udara. Besarnya kepala barongsai sendiri hampir sama dengan becak.

PBTY digelar sejak 17 hingga 24 Februari 2013. Barongsai terpanjang ini beratraksi di Malioboro bersama beberapa 'singa' lain dari perkumpulan masyarakat Tionghoa Yogyakarta.

Ribuan masyarakat Yogyakarta memadati kawasan Malioboro untuk melihat atraksi barongsai tersebut. "Ini adalah PBTY ke delapan yang diikuti 14 kelompok masyarakat Tionghoa di Yogyakarta," terang Ketua Umum PBTY, Tri Kirana Haryadi. 

Selain barongsai terpanjang, puncak PBTY ke delapan di Yogyakarta juga menampilkan tumpeng dari kue kranjang tertinggi. Tinggi tumpeng tersebut mencapai dua meter. 

Tumpeng kue kranjang ini mengawali pawai barongsai di Yogyakarta. Tumpeng ini menjadi rebutan warga setelah melewati garis finish pawai. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement