Kamis 21 Feb 2013 23:52 WIB

Rute APTB Jakarta-Tangerang Akan Ditambah

Rep: Wahyu Syahputra/ Red: Mansyur Faqih
Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB)
Foto: Republika/Agung Fatma
Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) Transjabodetabek Tangerang atau Buslane direncanakan akan ditambah menjadi dua rute.

"Kita akan tambah rute Ciledug-Blok M dan Cimone-Senen," Ujar Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Ivan Yudianto, Kamis (21/2).

Saat ini APBT atau Transjabodetabek Busline telah melayani rute Kalideres, Poris Plawad, dan Mall Taman Anggrek.

Ivan beralasan, penambahan ini terkait banyaknya masyarakat Kota Tangerang yang mobilitasnya tinggi di Jakarta. "Seperti mahasiswa yang tinggal di Tangerang kuliah di UI, kita harus fasilitasi."

Menurutnya, warga Kota Tangerang bisa memakirkan mobilnya di wilayah Tangerang. Kemudian menggunakan APBT untuk bekerja di Jakarta. Apalagi perjalanan dengan menggunakan APBT bisa diukur. 

Untuk perjalanan ke Jakarta, biasanya memakan waktu tempuhn sampai dua jam. Namun dengan APBT hanya 30 menit. "Bagus untuk menghemat waktu," ucapnya.

Selain itu, program ini juga sebgai solusi dari kemacetan yang disebabkan angkutan umum. Pemerintah Kota Tangerang pun akan berkolaborasi dengan Pemrov DKI untuk menurunkan jumlah angkutan umum.

"Pemprov DKI sedang menunggu pengadaan 100 bus. Kita juga menunggu sebagian bus itu untuk transporasi ke Tangerang atau tidak," kata Ivan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement