Selasa 19 Feb 2013 05:22 WIB

Hati-Hati, Ini Dia Kondisi Cuaca Hingga Dua Pekan

 Kemacetan lalu lintas yang terjadi di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Rabu (6/2), akibat hujan deras yang mengguyur kota Jakarta.
Foto: Republika/Muda Saleh
Kemacetan lalu lintas yang terjadi di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Rabu (6/2), akibat hujan deras yang mengguyur kota Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, Fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) akan mempengaruhi curah hujan yang terjadi di wilayah Indonesia dalam dua pekan ke depan. Fenomena MJO yakni, adanya pembentukan gugus awan yang akan mengakibatkan curah hujan cukup lebat. Untuk itu, masyarakat diimbau untuk waspadainya, terutama dalam dua pekan ke depan.  

 

Peneliti Meteorologi Tropis Badan Pengkajian dan Pengembangan Teknologi (BPPT), Tri Handoko Seto mengatakan, osilasi tersebut ditandai oleh terbentuknya gugus awan atau super cloud cluster (SSC) di Samudera Indonesia sebelah barat pulau Sumatera. Pergerakan gugus awan ini nantinya akan mengarah ke timur mengelilingi bumi dengan periode satu kali putaran sekitar 45 hari. 

"Gugus awan itu sudah terbentuk sejak tanggal 12 Februari 2013 di Samudera Indonesia dan bergerak ke timur. Saat ini, gugus awan itu sudah memasuki wilayah Indonesia," ujar Tri Handoko seperti dikutip beritajakarta.com.

Keadaan demikian, kata Tri Handoko, akan mengakibatkan curah hujan yang tinggi di wilayah Indonesia hingga dua pekan ke depan. Bahkan, MJO yang aktif pada musim hujan seperti sekarang ini, akan mengakibatkan curah hujan yang sudah tinggi akan meningkat lagi. Oleh karena itu, perlu kewaspadaan tinggi terutama di daerah-daerah yang rawan banjir dan longsor.

Tri juga mengikutsertakan citra gugus awan yang ditandai dengan warna biru. "Daerah-daerah rawan banjir dan longsor patut diwaspadai. Masyarakat dan pemerintah harus siaga dengan keadaan demikian," tandanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement