Ahad 17 Feb 2013 18:16 WIB

Di Sukabumi Kedelai Ditanam Besar-Besaran

Rep: Riga Iman/ Red: M Irwan Ariefyanto
 Seorang petani kedelai tengah memanen hasil tanamannya.
Foto: Antara/Asep Fathulrahman
Seorang petani kedelai tengah memanen hasil tanamannya.

REPUBLIKA.CO.ID,SUKABUMI—Kabupaten Sukabumi mencanangkan penanaman kacang kedelai secara besar-besaran. Langkah ini diambil untuk memenuhi kebutuhan pasar yang cukup besar.

Pencanangan penanaman kedelai pertama kali dilakukan di Kampung Ciloa, Desa Caringin Nunggal, Kecamatan Waluran akhir pekan lalu. ’’Lokasi tanam kedelai dapat memanfaatkan atau mengoptimalkan lahan kering dan lahan sawah tadah hujan,’’ ujar Bupati Sukabumi, Sukmawijaya.

Sehingga di musim yang kedua ini kedelai bisa ditanam dengan baik. Di sisi lain, pengembangan kedelai ini tidak akan mengganggu areal pertanian padi.

Sukmawijaya mengatakan, Pemkab Sukabumi akan mendampingi para petani kedelai. Namun ke depan, para petani harus mandiri karena bantuan pemerintah hanya dilakukan pada waktu tertentu saja.

 

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan (DPTP) Kabupaten Sukabumi, Sudrajat menambahkan, penanaman kedelai ini untuk memenuhi kebutuhan pasar yang selama ini tergantung pada impor. Menurutnya, kacang kedelai sangat cocok untuk areal pertanian di selatan Sukabumi.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement