Ahad 17 Feb 2013 08:16 WIB

Tiga Rumah Amblas Ikut Terbawa Longsor

Rumah warga yang dilanda longsor (ilustrasi).
Foto: Antara/Arif Pribadi
Rumah warga yang dilanda longsor (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TRENGGALEK -- Tebing Sungai Nglinggis setinggi sepuluh meter di Dusun Pacar, Desa Nglinggis, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Sabtu dinihari ambrol tergerus banjir sehingga menyebabkan tiga unit rumah warga ikut runtuh ke dasar sungai.

Antara di Trenggalek melaporkan tanah yang longsor dan amblas ke dasar sungai mencapai luasan sekitar 50 x 20 meter. Warga desa setempat sejak pagi hingga siang terus bergotong royong membongkar sisa bangunan rumah milik Sukirman, Kadis dan Samsuri yang ambrol terbawa longsor.

"Untuk sementara, kami mengungsi ke rumah tetangga karena rumah yang longsor itu adalah satu-satunya yang kami punya. Barang-barang yang kami punya juga kami ungsikan ke sana," kata Samsuri.

Sebelum terjadi longsor dengan skala besar, kata Samsuri, tanah di sekitar rumahnya mengalami retak-retak. Itu terjadi sejak dua hari lalu atau Kamis.

Kondisi tersebut diperparah dengan hujan deras sejak Jumat sore yang berlangsung hingga berjam-jam. Puncaknya sekitar pukul 00.00 WIB terdengar suara gemuruh yang disertai goncangan mirip gempa bumi.

Tanah yang ada di depan tiga rumah warga tersebut ambrol ke dasar sungai.

"Pada saat kejadian tadi malam, masih banyak warga yang berkumpul di rumah saya. Karena, kebetulan anak saya baru melahirkan,'' kata Samsuri. ''Begitu ada kejadian itu, mereka langsung semburat keluar menyelamatkan diri.''

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement