Jumat 15 Feb 2013 22:18 WIB

DPP Minta Nahkoda Baru Partai Demokrat

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Anas Urbaningrum
Foto: Antara/Wahyu Putro
Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Anas Urbaningrum

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Posisi Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum berada di ujung tanduk. Setelah kewenangannya dilucuti Ketua Majelis Tinggi Demorkat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), kali ini pengurus teras mendesakkan pergantian pucuk pimpinan.

“Poin buat kami adalah bahwa nahkoda baru ini penting,” kata Ketua Pusat Pengembangan Strategi dan Kebijakan DPP Demokrat, Ulil Abshar Abdalla di Jakarta, Jumat (15/2). “Nahkoda tertinggi kita tentu Pak SBY. Tapi ada nahkoda kedua. Itu akan menjadi sampul PD yang dilihat publik.”

Ulil mengaku prihatin dengan tingkat elektabilitas Demokrat yang hanya 8,3 persen sesuai versi Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). Angka itu sangat jauh dari perolehan partai di Pemilu 2009 sebesar 21 persen.

Dia menyatakan, tidak mudah dalam waktu kurang dari setahun untuk bisa menaikkan elektabilitas hingga seperti yang diraih Demokrat pada 2009. “Itu sulit sekali. Kalau tidak ada tindakan yang drastis sekali, itu tidak mungkin,” ujarnya.

Ulil memuji langkah SBY yang mengambil keputusan drastis dengan mengambil alih langsung nahkoda partai. “Minta Mas Anas konsentrasi masalah hukum itu sudah sangat drastis,” kata Ulil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement