Jumat 15 Feb 2013 20:30 WIB

Tujuh Pintu Air Jatiasih Rusak Dihantam Arus Sungai

  Tim relawan berusaha mengevakuasi warga di perumahan Pondok Gede Permai Jatiasih, Bekasi, Selasa (5/2).   (Republika/Rakhmawaty La'lang)
Tim relawan berusaha mengevakuasi warga di perumahan Pondok Gede Permai Jatiasih, Bekasi, Selasa (5/2). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI--Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, mencatat tujuh dari delapan pintu air di Perumahan Pondok Mitra Lestari (PML), Jatiasih, rusak akibat terhantam arus Kali Bekasi. "Yang rusak parah berjumlah tiga titik, sedangkan sisanya mengalami kerusakan sedang," ujar Kepala Seksi Pembangunan Dinas Bina Marga dan Tata Air Kota Bekasi, Sujana, usai meninjau lokasi, Jumat (15/2).

Kerusakan terparah berada di dekat kantor RW08 PML dimana katup dari pintu air yang masing-masing berukuran 2x4 meter itu sudah lepas dari tempatnya. Ada pula bingkai katup yang mengalami kerusakan akibat karat karena sering terendam aliran air sungai.

"Kondisi ini membuat air dengan mudah masuk ke rumah warga khususnya saat debit meningkat," ujarnya. Menurut dia, Pemerintah Kota Bekasi baru bisa mengalokasikan dana perbaikan kerusakan tersebut melalui dana APBD 2014 mendatang.

"Sebab APBD 2013 sudah ketuk palu. Yang memungkinkan baru 2014 mendatang," katanya. Menurut dia, Pemkot Bekasi, juga akan memberikan fasilitas rumah pompa agar bisa dimanfaatkan warga saat arus air kembali meningkat.

 

"Rumah pompa ini rencananya kita simpan di pintu gerbang masuk perumahan ini," katanya. Pihaknya juga mengaku akan meminta bantuan Kementerian Pekerjaan Umum untuk segera melakukan normalisasi Kali Bekasi secara terintegrasi dari hulu hingga hilir.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement