Kamis 14 Feb 2013 22:45 WIB

Tingkatkan Kualitas Perawat Kemenkes Gandeng Nanyang Universiy

Kemenkes
Foto: kemenkes.go.id
Kemenkes

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Kementerian Kesehatan RI bekerja sama dengan Nanyang Politechnic International, Singapura, untuk meningkatkan kompetensi perawat Indonesia.

Siaran pers Kemenkes menyebutkan bahwa tuntutan masyarakat terkait pelayanan kesehatan yang bermutu membutuhkan ketersediaan tenaga kesehatan yang kompeten dan berdedikasi tinggi.

Hal ini diperkuat dengan adanya arus globalisasi yang semakin membuka peluang masuknya tenaga kesehatan dari luar negeri ke Indonesia.

Menurut Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (BPPSDMK) Kemenkes Untung Suseno Sutardjo, tujuan kerja sama dengan Nanyang Politechnic International adalah untuk meningkatkan kompetensi "clinical instructur", tenaga perawat di Rumah Sakit dan Politeknik Kesehatan melalui pelatihan bertaraf internasional.

Peserta yang telah mengikuti pelatihan kini sedang mengimplementasikan hasil pelatihan di tempat kerjanya masing-masing. Diharapkan program ini dapat meningkatkan kualitas dan kompetensi perawat Indonesia, kata Untung dalam keterangan tertulis.

Dia mengatakan bahwa kerja sama dengan pihak Singapura sejak 2 April 2009 melalui penandatanganan perjanjian kerja sama antara BPPSDMK Kemenkes RI dan Alexandra Health dalam bidang pengembangan sumber daya manusia.

Kerja sama dilatarbelakangi oleh pendirian Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Batam yang diresmikan pada tanggal 19 Februari 2010, atau lebih dikenal dengan nama UPT Pelatihan Kesehatan Batam yang memiliki unggulan sentra pelatihan keperawatan.

Program tersebut dilaksanakan selama tiga tahun, dalam bentuk pelatihan bagi pelatih atau "training of trainer" dan pelatihan berbasis kompetensi, katanya.

Pelatihan dan pengembangan SDM dilaksanakan melalui Program Bantuan Teknik Yayasan Temasek dengan Alexandra Health yang dilanjutkan dengan RS Khoo Tek Puat.

Dengan keberhasilan program itu, pada tahun 2012--2013 dilanjutkan kerja sama Bantuan Teknik Yayasan Temasek dengan Nanyang Politechnic International. Sasaran peserta latih, yaitu dosen Politeknik Kesehatan (Poltekkes) dan perawat di RS Pemerintah.

Program pelatihan terdiri dari tujuh jenis kegiatan. Kegiatan tersebut adalah Executive Nursing Management yang telah dilaksanakan pada bulan Desember 2012.

Kemudian, Nursing Update Program, terdiri atas Wound Management (Desember 2012), Gerontology Nursing (Februari 2013), dan Simulation Based Learning (November 2012).

Selanjutnya, Training of Trainer (TOT) yang terdiri atas Nursing Pedagogy, Medical Surgical Nursing, dan Orthopedic Nursing yang akan dilaksanakan pada Februari hingga April 2013.

Pelatihan dilaksanakan di Nanyang Politechnic International Singapura dengan target peserta latih sebanyak 115 orang, yang berasal dari enam RS Pemerintah, lima Poltekkes, Pusdiklat Aparatur, Balai Pelatihan Kesehatan, dan Bapelkes Nasional, kata Untung.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement