Rabu 13 Feb 2013 08:33 WIB

Presiden Panggil Mentan Hari Ini

Rep: Esthi Maharani/ Red: Dewi Mardiani
Menteri Pertanian Suswono
Menteri Pertanian Suswono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dijadwalkan akan memanggil Menteri Pertanian, Suswono. Berdasarkan informasi dari biro pers istana, rencananya, pemanggilan akan dilakukan pada, Rabu (13/2) pukul 11.00 WIB di Kantor Presiden.

Pemanggilan Mentan ini sudah digembar-gemborkan sendiri oleh Presiden SBY. Tepatnya ketika ia sedang melakukan kunjungan kerja ke empat negara pada pekan lalu.

Di Arab Saudi, ia memberikan pernyataan tentang isu dugaan suap impor daging yang disebut melibatkan Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq dan Mentan yang juga merupakan kader PKS.

Kala itu, SBY menegaskan akan memanggil Mentan menanyakan dugaan keterkaitannya dalam kasus impor daging segera setelah kembali ke tanah air.

"Saya akan tanyakan secara lisan untuk memperoleh jawaban sejujurnya, kemudian juga saya akan minta jawaban tertulisnya," katanya pekan lalu di Arab.

Ia mengatakan pemanggilan tersebut bukan hal baru. Sebab, saat adanya kasus Hambalang, ia pun meminta keterangan langsung dari Menpora saat itu, yakni Andi Mallarangeng.

"Penjelasan lisan dan tertulis itu akan jadi pegangan saya apakah keterangan yang disampaikan itu sama dengan yang disampaikan kepada penegak hukum," jelas Presiden SBY.

Presiden menegaskan, mekanisme akan bekerja di kabinetnya. Yaitu dipanggil, minta penjelasan lisan dan tertulis. Selebihnya, Presiden akan menyerahkan semua prosesnya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement