Selasa 12 Feb 2013 16:36 WIB

Aher: Makanan Olahan Ciamis Perlu dibenahi

Ahmad Heryawan
Foto: Antara/Fahrul Jayadiputra
Ahmad Heryawan

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS -- Calon gubernur (cagub), Jawa Barat (jabar) nomor urut 4, Ahmad Heryawan, mengatakan produk makanan olahan khas Kabupaten Ciamis, perlu dibenahi mulai pengolahan hingga kemasasan untuk meningkatkan penjualan yang lebih baik.

"Makanan olahan di Ciamis cukup banyak, makanya perlu didorong oleh pemerintah untuk membenahi produknya agar lebih menarik," kata Heryawan saat mengunjungi stand makanan olahan dalam rangkaian kampanye di lapangan Kawali, Kabupaten Ciamis, Selasa (12/3).

Menurut dia, makanan kemasan yang dijajakan di stand kampanyenya masih membutuhkan pembinaan dan pelatihan mulai dari mengolah bahan baku, mengemas sebuah produk hingga penjualan.

Ia mencontohkan jika produk makanan dapat dikemas dengan baik dan menarik, tentu akan membuat orang penasaran dan mau membeli untuk mencoba makanan tersebut.

"Standar pengolahan makanan, kadaluwarsanya, kemudian kemasannya harus menarik, itu yang harus diperhatikan," kata politisi Partai Keadilan Sejahtera.

Pemerintah provinsi atau saat kepemimpinannya jika terpilih lagi, kata Heryawan, tentu pengusaha makanan olahan di Jabar sudah menjadi bagian programnya untuk diperhatikan dalam meningkatkan produktivitas dan pemasarannya.

"Provinsi sudah melakukan pelatihan, pembinaan, dan itu akan terus dilakukan," kata Heryawan yang pencalonannya berdampingan degan Deddy Mizwar dari kalangan aktor dan sutradara.

Sementara itu, makanan olahan Ciamis diantaranya cemilan keripik dari bahan baku singkong, atau makanan dari umbi-umbi lainnya dan tepung beras, serta makanan olahan kelapa atau galendo.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement