Selasa 12 Feb 2013 12:14 WIB

Posisi Wakil Ketua MA Jadi Rebutan

Rep: Erik Purnama Putra / Red: Citra Listya Rini
Mahkamah Agung
Foto: Republika/Agung Fatma
Mahkamah Agung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jabatan wakil ketua Mahkamah Agung (MA) kosong sepeninggal Abdul Kadir Mappong yang pensiun per 1 Februari 2013. Dua orang disebut sebagai kandidat kuat untuk memperebutkan posisi itu, yaitu hakim agung Suwardi dan Muhammad Saleh. 

Hakim agung Gayus Lumbuun mengatakan bursa calon mengerucut pada nama dua nama itu. Berdasarkan pengamatan dan apa yang saya dengar di internal teman-teman sudah mengerucut dua nama, Suwardi dan M Saleh," kata Gayus di Jakarta, Selasa (12/2). 

Berdasarkan informasi Humas MA, sidang paripurna khusus MA dengan agenda pemilihan wakil ketua MA rencananya dilaksanakan di Ruang Kusuma Atmaja MA pada Rabu (13/2), mulai pukul 10.00 WIB.

Gayus menambahkan, banyak nama yang beredar karena hakim agung memiliki hak dipilih dan memilih, namun suara terbesar cenderung mengerucut kedua nama tersebut. Hanya saja, kata dia, muncul pula opsi untuk mendukung Ketua Muda Pidana Umum Artidjo Alkostar. "Hanya dukungan mengarah ke kedua nama tersebut," ujar mantan politisi PDI Perjuangan itu.

Terkait sosok Suwardi yang dikaitkan dengan berbagai putusan kontroversial, seperti memvonis bebas bandar narkoba, Hillary K Chimezie dari hukuman mati menjadi hukuman penjara 12 tahun, Gayus mengabaikan hal itu. Menurut dia, Suwardi masih mendapatkan dukungan besar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement