Selasa 12 Feb 2013 10:01 WIB

Syafii Maarif: Paus Paulus Lebih Baik dari Paus Benediktus

Rep: Muhammad Hafil/ Red: Karta Raharja Ucu
Syafii Maarif
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Syafii Maarif

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah, Ahmad Syafii Maarif meninlai kepemimpinan Paus Yohannes Paulus II lebih baik dari Paus Benediktus XVI dalam hal hubungan kerukunan antarumat beragama.

Paus Yohannes Paulus II lebih akrab dengan umat-umat beragama lain dibanding dengan Paus Benediktus XVI.

“Paus Yohannes Paulus II jauh lebih luwes. Ia lebih akrab dengan tokoh lintas iman,” kata Syafii saat dihubungi ROL, Selasa (12/2).

Syafii menilai Paus Benediktus pernah membuat pernyataan yang membuat umat Islam tersinggung saat ia baru terpilih pada 2005 lalu.

Karenanya, Buya Syafii berharap pengganti Paus Benediktus harus mencontoh Paus Yohannes Paulus dalam hal hubungan kerukunan antar umat beragama.

Paus Benediktus XVI mengundurkan diri sebagai Paus terhitung 28 Februari 2013 pukul 20.00.

Juru Bicara Vatican, Federico Lombardi Paus mengatakan alasannya mengundurkan diri karena sudah tidak lagi memiliki kekuatan untuk menjalankan tugas-tugasnya sebagai kepausan.

"Paus mengumumkan bahwa dirinya akan meninggalkan kepemimpinannya pada 28 Februari pukul 20.00," kata Federico seperti dilansir AFP. Ia adalah paus pertama yang mengundurkan diri dalam waktu berabad-abad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement