Ahad 10 Feb 2013 11:52 WIB

Jelang Imlek, Harga Bandeng Pun Naik

Rep: Ilhami Rizqi Ashya/ Red: A.Syalaby Ichsan
bandeng imlek
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
bandeng imlek

REPUBLIKA.CO.ID, KEBON JERUK -- Harga ikan bandeng saat menjelang Imlek naik hingga mencapai dua kali lipat.

Seorang pedagang bandeng musiman di Jl Rawa Belong, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Arin mengaku memasang harga hingga 55 ribu perkilogram untuk ikan bandeng segar di kiosnya.

Bila ikannya mulai kurang segar ia akan menurunkan harga hingga 40 ribu perkilo, agar ikan tersebut cepat terjual. “Kalau hari biasa, harganya sekilo paling mahal 35 ribu, kalau Imlek begini saya terkadang bisa menjual hingga 60 ribu perkilo kalau bisnis sedang bagus,” jelas Arin.

Dia mengaku mendapat pasokan ikannya dari Muara Karang. Omsetnya pun bisa mencapai Rp 300 ribu hingga Rp 400 ribu bila sedang waktu puncaknya pembeli berdatangan.

Penjual bandeng musiman lainnya Agus mengaku, punya pembeli langganan yang membeli bandeng hingga puluhan kilogram.

Misalnya, terdapat seorang pembeli langganan Agus tiap tahun yang berasal dari Bogor datang untuk membeli ikan bandeng 15 kilogram untuk keperluan Imlek bosnya yang biasa membagikan makanan di Wihara dekat rumahnya.

“Kalau yang beli sampai banyak begitu, omset saya perhari bisa mencapai 500ribu, besoknya saya bisa istirahat tidak perlu jualan sayur” kata Agus yang mengaku sudah tiga hari ini hanya tidur dua jam demi mendapat ikan bandeng segar dan segera menggelar dagangannya di Rawa Belong.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement