Sabtu 09 Feb 2013 20:09 WIB

Ternyata Catur Bisa Atasi Ketergantungan Narkoba

Bermain catur
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Bermain catur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Permainan catur ternyata dapat membantu mengatasi masalah ketergantungan narkotika. Ini karena permainan tersebut mendidik pemain untuk selalu berpikir dan menganalisis situasi sebelum melakukan tindakan.

"Cara bermain catur dapat mempengaruhi karakter dan perkembangan kejiwaan korban narkoba saat menjalani rehabilitasi khususnya dalam merencanakan penggunaan waktu dengan baik serta kemampuan menentukan prioritas positif dalam hidupnya," kata Ketua Umum PB Percasi Hashim Djojohadikusumo di Jakarta, Sabtu (9/2).

Menurutnya, catur merupakan salah satu upaya penanggulangan penyalahgunaan narkoba. Setiap pemain catur akan selalu merencanakan langkah yang akan diambil dan bertindak secara tepat dan strategis.

Faktor itu yang membuat PB Percasi mengirim empat pelatih catur untuk memberikan pelatihan kepada korban narkoba di UPT T&R BNN. Program itu pun sudah berlangsung lebih dari satu tahun.

Deputi Bidang Rehabilitasi BNN Kusman Suriakusumah menyatakan hal serupa. Catur diharapkannya mampu memberi bekal positif bagi prilaku korban saat mereka keluar nanti. 

"Setidaknya mereka bisa mandiri dan tidak banyak bergantung kepada orang lain," ujarnya.

Kusman menjelaskan pelatihan catur diberikan dua kali sepekan. Pelatihan itu sangat menolong para residen melatih pola berfikir yang fokus.

Mantan pengguna yang sedang menjalani terapi ini pun perlu dibantu. Yaitu untuk mengisi waktu mereka secara positif agar terhindar dari keinginannya mengkonsumsi narkoba kembali.

Prisma Daut (28), salah satu residen menceritakan bagaimana catur merubahnya dari sisi mentalitas.

"Mengurangi rasa kecanduan dan mentalitas, kita jadi lebih fokus dan berfikir positif, kita sebutnya handling feeling," ujarnya kepada wartawan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement