Rabu 06 Feb 2013 23:33 WIB

Halim Disiapkan Sebagai Bandara Haji

Pesawat Haji
Foto: Agung Supriyanto/Republika
Pesawat Haji

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono mengatakan Bandara Halim Perdanakusuma diharapkan dapat menjadi bandara untuk pemberangkatan haji pada 2013 ini menggantikan terminal 3 Bandara Soekarno Hatta yang akan dibangun.

"Harus pada tahun ini, karena dari sisi pengembangan Bandara Cengkareng (Soekarno Hatta) kan tahun ini memang sudah harus dirombak angkutan hajinya karena untuk pengembangan terminal 3," katanya seusai rapat monitoring dan evaluasi bandara di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu.

Saat ini, menurut dia, pihaknya masih mengkaji lebih jauh kesiapan Halim untuk menjadi bandara haji, terutama terkait kapasitas dan tata ruang bandara, agar penyelenggaraan haji tidak terkendala.

Ia menambahkan, pihaknya belum mencari alternatif selain Halim. Namun ia menilai sulit untuk menggunakan terminal 1 dan 2 Bandara Soekarno Hatta. "Kita lihat juga, apakah bisa dalam terminal itu sendiri terminal 1 dan 2, tapi tampaknya agak sulit karena kalau kita bicara Cengkareng sangat terbatas," katanya.

Direktur Angkasa Pura II Tri S Sunoko mengatakan, Halim menjadi alternatif utama untuk pemberangkatan haji 2013 mengingat pembangunan yang akan dilakukan di Terminal 3 Bandara Soekarnao Hatta pada 2013 ini.

Halim, menurut dia, nantinya tetap difungsikan sebagai bandara komersial seperti sediakala, namun hanya ditambah fungsinya untuk pemberangkatan haji. Apalagi, menurut dia, Halim memiliki jarak yang dekat dengan Asrama Haji.

Ia menambahkan, pemindahan pemberangkatan haji dari Soekarno-Hatta ke Halim tersebut juga telah dibicarakan dengan Wakil Presiden Boediono dalam rapat evaluasi dan monitoring pembangunan bandara.

"Beliau (wapres) mendukung tapi tentu teknisnya kita akan komunikasi dengan Kementerian Perhubungan," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement