Kamis 07 Feb 2013 04:34 WIB

Ini Dia Sungai yang Paling Menderita

Sampah di Sungai Citarum, Jawa Barat
Sampah di Sungai Citarum, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan Sungai Citarum merupakan sungai paling menderita di Jabar karena menurunnya kondisi lingkungan di daerah tangkapan yang berakibat meningkatnya laju erosi dan sedimentasi.

"Bisa dikatakan Sungai Citarum adalah sungai paling menderita. Padahal DAS Citarum ini mempengaruhi kehidupan di Jabar dan DKI Jakarta," kata Ahmad Heryawan, di Gedung Sate Bandung, usai pengukuhan pengurus Forum DAS Citarum serta pencanangan Program Citarum Bersih tahun 2018.

Fakta lainnya bahwa Citarum adalah sungai yang paling menderita di Provinsi Jawa Barat adalah semakin meningkatkanya kandungan bakteri e-coli di sungai tersebut.

"Polutannya pun terus meningkat, yang paling banyak itu bakteri e-coli. Jadi e-coli itu yang memang spesifik tumbuh di usus manusia dan binatang sekarang ini di Sungai Citarum dan cenderung meningkat trennya.

Ia berharap dengan pengukuhan Forum DAS Citarum dan pencanangan Citarum Bersih maka cita-cita air Sungai Citarum bisa diminum langsung bukalah hal yang mustahil.

"Mengapa karena sejumlah sungai di Eropa yang memiliki tingkat kejernihan air yang luar biasa. Dan untuk mewujudkan cita-cita tersebut, pihaknya membuat forum khusus sebagai pihak-pihak yang kerap turun tangan dalam menyelesaikan masalah di Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum," ujar dia.

Ia mengatakan, dibalik potensi besar yang dimiliki oleh sungai ini rupanya Sungai Citarum juga menyimpan berbagai persoalan seperti menurunnya kondisi lingkungan di daerah tangkapan yang berakibat meningkatnya laju erosi dan sedimentasi pada badan sungai.

"Persoalan lainnya adalah menurunnya kapasitas aliran sungai sehingga mengakibatkan banjir di hulu dan hilir Citarum, lalu menurunnya kualitas air sungai akibat limbah yang belum terkendali dan lain-lain," kata dia.

Menurut dia, berbagai persoalan tersebut tentunya menjadi tanggung jawab bersama baik pemerintah daerah maupun pusat serta masyarakat, kalangan akademis dan pengusaha.

"Tentunya kita harus yakin bahwa dengan upaya kerja keras kita semua termasuk di dalamnya segenap jajaran pengurus Forum DAS Citarum ini, pada satu saat akan menghadirkan sebuah kerja sama yang optimal," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement