Selasa 05 Feb 2013 10:09 WIB

Purwakarta Siap-Siap Swasembada Daging

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Dewi Mardiani
Ternak Domba
Foto: Antara
Ternak Domba

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Purwakarta, Jawa Barat, ingin menjadi daerah yang bisa swasembada daging. Karena itu, pemkab setempat berupaya untuk meningkatkan populasi flasma nutfah setempat, yaitu, domba. Rencananya, pemkan akan menyebar 10 ribu ekor domba, yang dibagikan kepada siswa sekolah dasar (SD).

Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, mengatakan, saat ini pemkab sedang menginventarisasi data calon penerima domba tersebut. Rencananya, seorang anak akan mendapatkan 10 ekor domba. Domba itu, harus digembalakan sendiri sampai beranak-pinak. "Tahun ini, akan kita realisasikan untuk peningkatan populasi domba," ujar Dedi, Selasa (5/2).

Alasan dipilihnya domba, sebab hewan ternak ini mudah dikembangkan. Jadi, bisa terjangkau oleh anak-anak SD. Karena itu, siswa SD yang akan menerima bantuan ini, dipilih dari pedesaan. Supaya, kata dia, pakannya yaitu rumput tetap tersedia.

Bila anak SD di wilayah perkotaan menerima bantuan domba ini, akan kesulitan dalam mencari pakan. Sebab, tanah lapang di perkotaan sudah sangat jarang. Dengan bantuan domba ini, diharapkan kedepan Purwakarta menjadi daerah surplus daging. Serta, tak perlu lagi memerlukan daging impor.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement