Ahad 03 Feb 2013 22:20 WIB

Ada 58 Sekolah di Yogya Berwawasan Lingkungan

Rep: Yulianingsih/ Red: M Irwan Ariefyanto
Sekolah berwawasan lingkungan di Yogya
Foto: antara
Sekolah berwawasan lingkungan di Yogya

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Pada 2013 ini sedikitnya 58 sekolah tingkat menengah pertama (SMP) dan Menengah Atas (SMA) di Kota Yogyakarta akan dijadikan sekolah berwawasan lingkungan.

Sekolah ini dirintis Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Yogyakarta dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Secercah Harapan Indonesia yang akan membantu menerapkan program tersebut.

Program itu diawali dengan penanaman pohon di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Yogyakarta dan SMP Pangudi Luhur 1, Ahad (3/2). Program ini akan dilanjutkan di 56 sekolah lain di Yogyakarta.

Kepala Bidang Pengawasan dan Pemulihan Lingkungan BLH Kota Yogyakarta Ika Rostika mengatakan, sekolah berwawasan lingkungan adalah sekolah yang telah menerapkan pendidikan tentang lingkungan melalui kurikulum maupun praktik nyata. "Praktik nyata ini antara lain tersedianya tempat sampah untuk sampah organik dan anorganik, pohon, sumur resapan air hujan, biopori dan pengolahan sampah," ujarnya di MAN 2 Yogyakarta, Ahad (3/2).

Jumlah sekolah yang disasar program ini kata Ika,  rata-rata tiga hingga lima sekolah per tahun. "Namun, karena ada keterlibatan dari LSM pada tahun ini, maka jumlah sekolah yang disasar pun bertambah cukup banyak," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement