Ahad 27 Jan 2013 07:34 WIB

Cuaca Buruk, Pasien RSUD Syamsudin Sukabumi Membludak

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Dewi Mardiani
Pasien demam berdarah, ilustrasi
Foto: Republika
Pasien demam berdarah, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) R Syamsudin SH Kota Sukabumi membludak. Akibatnya, sebagian pasien tidak tertampung di ruangan dan terpaksa di rawat di ruang instalasi gawat darurat (IGD) dan ruang rapat.

Warga yang dirawat, antara lain menderita peyakit demam, panas, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), demam berdarah dengue (DBD), dan sakit perut.

‘’Banyaknya pasien karena faktor cuaca buruk akhir-akhir ini,’’ terang Humas RSUD R Syamsudin SH, Joni Setiawan, kepada wartawan, kemarin.

Saat ini, daya tampung ruang perawatan untuk kelas II dan III sudah penuh. Sehingga, kata dia, pasien yang baru datang terpaksa harus menunggu di tempat sementara menunggu kepulangan warga lain yang telah sembuh.

Untuk menyiasati kepadatan pasien, terang Joni, rumah sakit sebenarnya telah menambah daya tamping ruang perawatan. Awalnya, dalam satu ruangan terdapat 20 tempat tidur namun kini ditambah menjai 27 temat tidur.

Salah seorang warga Kota Sukabumi, Lisnawati (25 tahun) mengaku pasrah dirawat di ruangan transit rumah sakit. ''Sebenarnya ingin dirawat di ruangan, tapi mau bagaimana lagi penuh,’’i mbuh dia, yang menderita penyaki tumor perut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement