Kamis 24 Jan 2013 12:45 WIB

Ketua DPR: Cara Terbaik Atasi Banjir, Hentikan Pembangunan Mal

Rep: Dyah Ratna Meta Novi/ Red: A.Syalaby Ichsan
Pembangunan mall di Jakarta
Foto: Republika/Panca
Pembangunan mall di Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR Marzuki Alie memberi resep untuk mengatasi banjir di Jakarta. Politikus Partai Demokrat itu menyarankan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menghentikan pembangunan mal.

Jakarta, kata Marzuki, sudah kebanyakan gedung dan mal. Kalau pembangunan gedung dilakukan terus-menerus maka Jakarta akan semakin hancur. "Pemerintah harus tegas dalam menghentikan pemberian izin pembangunan gedung,"katanya.

Menurutnya, salah satu penyebab banjir adalah kurangnya ruang terbuka hijau sehingga air tidak terserap ke tanah. Ruang terbuka hijau harus diperbanyak dan tata ruang diperbaiki.

Terkait dengan pemindahan ibu kota, Marzuki menyatakan, Indonesia sebaiknya belajar dari negara lain seperti Singapura dan Brunei Darussalam. Mereka menguruk laut untuk memperluas daratannya. 

Pusat pemerintahan bisa dipindahkan ke Jakarta Utara dengan menguruk laut sebesar 2000 hektar. Pantai Utara Jakarta bisa dibangun pusat kementerian dilengkapi dengan rumah dinas dan fasilitas  sosialnya.

"Jadi para pejabat negara tidak perlu hilir mudik di Jakarta saat bekerja. Hal ini juga mengurangi kemacetan,"katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement