Senin 21 Jan 2013 13:24 WIB

Choel Mallarangeng Diperiksa Jumat Ini

Andi Zulkarnain Mallarangeng alias Choel Mallarangeng.
Foto: IST
Andi Zulkarnain Mallarangeng alias Choel Mallarangeng.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Pengusaha Andi Zulkarnain Mallarangeng akan diperiksa oleh Komisi Pemberantasan Korupsi pada Jumat (25/1) sebagai saksi dalam kasus korupsi proyek Pusat Pendidikan, Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di Bukit Hambalang Jawa Barat.

"Surat panggilan untuk AZM (Andi Zulkarnain Mallarangeng) akan dilayangkan dan pada Jumat (25/1) akan dipanggil sebagai saksi untuk tersangka AAM (Andi Alfian Mallarangeng) dan DK (Dedi Kusdinar)," kata Juru Bicara KPK Johan Budi di Jakarta, Senin.

Sebelumnya, KPK menjadwalkan pemanggilan adik mantan adik mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng yang biasa dipanggil Choel Mallarangeng tersebut pada Jumat (18/1).

Namun hujan yang turun di Jakarta sejak Rabu (16/1) malam hingga Kamis (17/1) pagi telah mengakibatkan banjir Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, lokasi gedung KPK berada dan menyebabkan kerusakan trafo dan generator di gedung KPK sehingga aliran listrik KPK mati total.

KPK juga berencana memanggil anggota Komisi X DPR dari Partai Golkar Kahar Muzakir pada Senin (28/1) dalam kasus yang sama. "Untuk Kahar Muzakir dijadwalkan diperiksa pada Senin (28/1) sebagai saksi," tambah Johan.

KPK telah mencegah Choel bepergian ke luar negeri sejak 3 Desember 2012 untuk memudahkan pemeriksaan terkait perkara tersebut.

Ikhwal keterlibatan Choel dalam kasus tersebut disebutkan mantan anak buah Muhammad Nazaruddin, Mindo Rosalina Manulang yang mengaku telah memberikan dana Rp 20 miliar untuk mengurus berbagai proyek di Kemenpora kepada mantan Sekretaris Kemenpora Wafid Muharram yaitu untuk pembangunan fasilitas pusat olahraga di Hambalang.

Menurut Rosa, dana itu tadinya akan dibagikan kepada Choel Mallarangeng untuk mengurus proyek di Hambalang, tapi uang tersebut sudah dikembalikan oleh Wafid ke PT Anak Negeri, perusahaan M Nazaruddin.

Sedangkan untuk Kahar, KPK tengah mendalami proses penganggaran proyek Hambalang di Komisi X.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement