Senin 21 Jan 2013 10:34 WIB

Menkes: Tempat Pengungsian Harus Steril dari Tikus

Rep: Aldian Wahyu Ramadhan/ Red: A.Syalaby Ichsan
Pengungsi Banjir (ilustrasi)
Foto: Republika/Yasin Habibi
Pengungsi Banjir (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi meminta kepada pengungsi untuk tetap menjaga kesehatan.

Mantan Sekretaris Eksekutif Komisi Penanggulangan AIDS itu pun mengimbau agar lokasi pengungsian steril dari kotoran dan tikus.

"Kebersihan harus dijaga dari kotoran dan tikus,"ungkapnya saat berkunjung ke Kantor Suku Dinas Kesehatan yang dijadikan posko penampungan, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (21/1) pagi.

Tikus merupakan salah satu hewan yang dapat menimbulkan penyakit, diantaranya lewat kencing. Penyakit ini disebut dengan Leptospirosis. Selain lewat tikus, penyakit ini bisa timbul dari babi, kambing, kuda, anjing dan kucing.

Gejalanya hampir sama dengan DBD. Suhu badan panas selama 2-10 hari, menggigil, sakit kepala dan otot pada betis serta mata tampak merah atau kekuning-kuningan.

Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri Leptospira berbentuk spiral yang menyerang hewan dan manusia dan dapat hidup di air tawar selama lebih kurang sebulan. Tetapi dalam air laut, selokan dan air kemih yang tidak diencerkan, bakteri ini akan cepat mati.

Selain soal kesehatan, Nafsiah  memperhatikan kondisi anak-anak. Dia meminta pihak-pihak terkait agar membuat kegiatan untuk anak-anak di pagi hari. Hal ini agar anak-anak tetap memiliki kegiatan positif dan aktif.

Jika anak-anak melakukan aktivitas di pagi hari, ujarnya, akan membuat mereka menjadi tidur tepat waktu. Tidur tepat waktu, lanjut dia, penting untuk kesehatan anak.

 Nafsiah menyumbangkan makanan pendamping asi, makanan ibu hamil, dan makanan anak-anak saat berkunjung ke sana. Dia berharap bencana ini bisa dilewati dengan sehat dan aman.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement