Jumat 18 Jan 2013 17:45 WIB

BMKG: Hujan Lebat Masih akan Terjadi Tiga Hari ke Depan

Warga yang bekerja di kawasan Sudirman terpaksa harus di evakuasi menggunakan mobil Rantis untuk melintasi air banjir yang menggenangi kawasan Jalan Sudirman,Jakarta Pusat, Kamis (17/1).
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Warga yang bekerja di kawasan Sudirman terpaksa harus di evakuasi menggunakan mobil Rantis untuk melintasi air banjir yang menggenangi kawasan Jalan Sudirman,Jakarta Pusat, Kamis (17/1).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksikan adanya potensi peningkatan curah hujan di wilayah Jawa, Bali dan Nusa Tenggara sehingga hujan lebat masih akan terjadi tiga hari ke depan.

"Kondisi cuaca saat ini sebagai dampak adanya aktivitas Monsun Asia menyebabkan curah hujan tinggi merata di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya," kata Deputi bidang Meteorologi BMKG, Supriyo di Jakarta, Jumat.

Peningkatan curah hujan tersebut berdasarkan analisa dinamika atmosfer disebabkan kemunculan aktifitas Monsun Asia yang diprediksi masih akan berlangsung 2-3 hari ke depan.

Hal ini berdampak pada meluasnya pertumbuhan awan-awan hujan terutama di wilayah Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, sebagian besar Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara termasuk Jabodetabek dengan potensi curah hujan ringan-lebat.

Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Mulyono Prabowo, Munson atau yang biasa disebut musim secara normal terjadi setiap tahun dan menguat pada November hingga Maret.

Hasil pantauan curah hujan wilayah Jabodetabek yang tercatat 17 Januari 2013 pukul 07.00 WIB menunjukkan adanya curah hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat seperti di Tanjung Priok mencapai 95 mm, Kemayoran 81 mm, Pakubuwono 57 mm, Cileduk 59 mm, Depok 107 mm, Cengkareng 103 mm.

Intensitas curah hujan dinyatakan lebat yaitu jika mencapai lebih dari 55 mm per hari.

Prakiraan BMKG terkait cuaca wilayah Jabodetabek pada Sabtu (19/1) Jakarta Pusat pada pagi hari mengalami hujan sedang, hujan ringan hingga sedang pada siang hari dan berawan serta hujan ringan pada malam hari.

Wilayah Jakarta Utara diprakirakan hujan sedang-lebat pada pagi hari, hujan ringan-sedang pada siang hari dan malam hari. Jakarta Selatan mengalamhujan dedang di pagi hari, hujan ringan-sedang pada siang hari dan berawan-hujan ringan di malam hari.

Di Jakarta Timur, cuaca diprediksikan hujan ringan-sedang di pagi hari, berawan dan hujan ringan pada siang dan malam hari. Jakarta Barat hujan sedang-lebat pada pagi dan hujan ringan-sedang di siang dan malam hari.

Untuk Kepulauan Seribu hujan sedang-lebat terjadi di pagi hari, hujan ringan-sedang pada siang dan malam hari. Di Bogor berawan dan hujan ringan di pagi hari, hgujan ringan-sedang pada siang dan malam.

Wilayah Tangerang pagi hingga siang hari akan mengalami hujan ringan-sedang serta berawan dan hujan ringan di malam hari. Depok berawan dan hujan ringan pagi hari, hujan ringan-sedang siang hari dan kembali berawan serta hujan ringan di malam hari.

Sementara Bekasi diprakirakan sepanjang hari akan berawan dan hujan ringan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement