Jumat 18 Jan 2013 15:22 WIB

Medan Berpotensi Alami Banjir Seperti Jakarta

Suasana Jalan Sudirman yang tergenang banjir yang melumpuhkan lalu lintas kawasan tersebut, Jakarta Pusat, Kamis (17/1).
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Suasana Jalan Sudirman yang tergenang banjir yang melumpuhkan lalu lintas kawasan tersebut, Jakarta Pusat, Kamis (17/1).

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Kota Medan dan daerah lain di Provinsi Sumatera Utara berpotensi mengalami musibah banjir besar sebagaimana yang terjadi di DKI Jakarta, demikian menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut Ahmad Hidayat Nasution di Medan.

"Kota Medan hanya menunggu giliran apabila aparatnya tidak melakukan evaluasi," kata Ahmad Hidayat, Jumat (18/1).

Menurut Hidayat, kerawanan terhadap banjir di Kota Medan tersebut semakin terlihat dari seringnya daerah mengalami banjir dan genangan air dalam beberapa tahun terakhir.

Dengan kondisi cuaca ekstrem dan curah hujan lebat yang terus terjadi, baik di daerah pegunungan mau pun Kota Medan sendiri, potensi banjir selalu mengancam di ibukota provinsi Sumut terakhir.

Apalagi jika dikaitkan dengan banyaknya kerusakan lingkungan di daerah pegunungan dan berkurangnya daerah resapan di Kota Medan dan sekitarnya.

Karena itu tidak berlebihan jika Kota Medan dan sekitarnya dianggap hanya menunggu waktu dalam mengalami musibah banjir besar seperti yang terjadi di Jakarta.

Untuk itu, aparatur pemerintah di Sumut dan Kota Medan diharapkan segera melakukan evaluasi terhadap infrastruktur yang ada terkait dengan mitigasi bencana.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement