Kamis 17 Jan 2013 20:19 WIB

Gerindra Terima 'Kutu Loncat', Asalkan...

Rep: Ira Sasmita/ Red: Dewi Mardiani
Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto
Foto: Antara
Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Politisi 'kutu loncat', sepertinya tidak menjadi masalah bagi partai Gerindra. Selama politisi yang mau bergabung dengan Gerindra dan menjadi pelayan rakyat, tempat bagi 'kutu loncat' masih tersedia.

Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto, mengatakan Gerindra terbuka bagi politikus dari partai lain. "Tak masalah dengan 'kutu loncat', kami terbuka. Tidak bisa menilai mereka buruk, berpolitik itu kan bagian dari demokorasi," kata Prabowo, di Jakarta, Kamis (17/1).

Sebagai partai terbuka, Gerindra telah mengumumkan pendaftaran calon legislatif yang bisa diikuti oleh siapa saja yang memenuhi syarat. Artinya, politikus dari partai lain pun boleh bergabung bersama Gerindra. Tentunya harus memenuhi kriteria yang telah ditetapkan partai.

Syarat utama yang dijadikan patokan, menurut Prabowo, adalah harus senada dengan semboyan Gerindra, belajar dari rakyat, berjuang untuk rakyat, dan berkoran demi rakyat. "Mereka harus mengingat tiga hal, ketahui, pahami, dan mengerti perjuangan Gerindra. Kalau hal itu tidak bisa dipenuhi, silakan minggir," ungkap mantan jenderal tersebut.

Politikus ataupun kader dari parpol yang tidak lolos verifikasi juga diberikan kesempatan seluasnya oleh Gerindra untuk bergabung. Asalkan mereka bisa melebur dan mewujudkan cita-cita Gerindra.

Prabowo memberikan peringatan bagi politikus atau siapapun yang ingin berkarir dalam bidang politik, namun hanya memperjuangkan kepentingan diri sendiri atau sekelompok orang, tidak perlu bergabung dengan Gerindra. Karena, bagi Gerindra, rakyat merupakan satu-satunya unsur yang harus diperjuangkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement