Selasa 15 Jan 2013 16:23 WIB

Pribadi Prof Zakiah Dikagumi Keluarga & Kerabat

Rep: Hannan Putra/ Red: Karta Raharja Ucu
 Prof Zakiah Daradjat
Foto: wordpress.com
Prof Zakiah Daradjat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wafatnya pakar psikologi Islam, Prof Zakiah Daradjat, Selasa (15/1) pagi WIB, menyisakan cerita. Dimata keluarga dan kerabat dekatnya, almarhumah Zakiyah adalah sosok guru teladan.

Sepupu Zakiah, Icu Zukafil mengatakan almarhumah adalah sosok yang dikagumi dan menjadi panutan bagi keluarga dan kerabatnya.

"Semasa hidup beliau sama sekali tidak pernah marah. Jika beliau menegur, beliau bicara dengan senyum. Jadi kadang kita tidak tahu kapan beliau marah," kata Icu di Jakarta.

Selain itu, kata Icu, Zakiah dikenal keluarga sangat gigih menuangkan wawasan keilmuannya lewat tulisan atau mengajar. Meski usianya sudah senja dan kesehatannya terus menurut, Zakiah tak pernah berhenti menulis untuk menuangkan pemikirannya untuk menambah khazanah ilmu pengetahuan Islam.

Menurut Icu, sebagai seorang cendekiawan Zakiyah terhindar dari kepikunan, meski usianya sudah tergolong sepuh. Guru besar UIN Jakarta itu tutup usia saat dirawat di RS UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada usia 83 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement