Selasa 15 Jan 2013 04:11 WIB

Sering Berantem dengan Pasangan? Coba Dulu Solusi Ini

Logo BKKBN
Logo BKKBN

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM---Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menawarkan konsultasi pernikahan gratis bagi masyarakat melalui Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) yang ada di setiap provinsi. "Masyarakat bisa datang dan berkonsultasi secara gratis," kata Plt Kepala BKKBN Sudibyo Alimoeso?usai meresmikan PPKS Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Sudibyo menjelaskan, pada saat ini telah ada 27 provinsi di Indonesia yang memiliki PPKS. "Setiap PPKS memiliki psikolog yang dipersiapkan khusus oleh BKKBN dan seluruh layanan konsultasi diberikan secara gratis," katanya.

Di PPKS tersebut, kata Sudibyo, masyarakat bisa mendapatkan berbagai layanan, contohnya bagi pasangan muda yang ingin menikah. "Psikolog disediakan oleh BKKBN bisa memberikan pelayanan konsultasi yang dibutuhkan pasangan yang ingin menikah," katanya.

Hal tersebut penting, kata dia, agar pasangan menikah bisa mempersiapkan diri dengan baik, termasuk mempersiapkan menjadi orang tua yang baik dan pada akhirnya melahirkan dan membesarkan generasi berkualitas.

Melalui PPKS, tambah dia, ada wadah untuk menyiapkan keluarga sejahtera sejak sebelum menikah hingga usia lanjut. "Intinya PPKS merupakan tempat atau wadah dimana setiap keluarga dan pengelola bisa melakukan intervensi atau rekayasa sosial terhadap pembangunan keluarga secara utuh," katanya.

Disebut rekayasa sosial, kata dia, karena memiliki unsur intervensi, yaitu sesuatu yang dilakukan untuk mengubah kehidupan keluarga yang lebih baik. Selain itu, kata dia, keberadaan PPKS untuk menegaskan fungsi BKKBN yang tidak hanya mengurusi KB atau identik dengan kontrasepsi tetapi lebih untuk meningkatkan keluarga sejahtera.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement