Ahad 13 Jan 2013 17:39 WIB

LSM Tanggap Bencana Yogya Miliki Posko Induk

Rep: Yulianingsih/ Red: Setyanadivita Livikacansera
Bencana banjir (ilustrasi).
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Bencana banjir (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bergerak di bidang tanggap bencana, "Pareanom" kini memiliki posko induk. Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti meresmikan pembukaan posko induk tersebut, Ahad (13/1).

Posko Induk Pareanom ini berada di bantaran Kali Code di Jalan Jagalan nomor 34 Yogyakarta.

Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti dalam sambutannya mengatakan, dengan adanya posko induk ini diharapkan bisa menguatkan koordinasi dengan elemen-elemen lain dalam penanggulangan bencana di Yogyakarta. "Apalagi ini musim hujan, sehingga diharapkan bisa lebih meminimalkan korban akibat bencana," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pareanom Aki Luqman Nur Hakim mengatakan, Bangunan Posko Induk beserta instalasi towernya ini dibangun oleh Radio RB FM yang kemudian diserahkan untuk kepentingan pemantauan bencana. Posko Induk telah bisa dipakai dan beroperasi mulai Desember 2012.

Melalui posko tersebut ,kata dia, koordinasi tanggap dan penanggulangan bencana di lembaga tersebut semakin cepat dilakukan. "Terlebih posko ini di bantaran Kali Code yang setiap tahun terancam banjir lahar dingin dari Gunung Merapi," tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement