Senin 07 Jan 2013 11:54 WIB

PKS: Soekarno & Soeharto Lebih Dulu 'Blusukan'

Rep: Muhammad Akbar Wijaya/ Red: Karta Raharja Ucu
Ketua Fraksi PKS Hidayat Nur Wahid
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Ketua Fraksi PKS Hidayat Nur Wahid

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menilai tak ada yang istimewa dari aksi 'blusukan' Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Menurut PKS, 'blusukan' sudah sering dilakukan para pemimpin Indonesia sebelum era reformasi. "Kita tahu Presiden Soekarno dan Soeharto sudah sering melakukan hal itu (blusukan)," kata Ketua Fraksi PKS, Hidayat Nur Wahid kepada wartawan, di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Senin (7/1).

Hidayat mengatakan blusukan pejabat tidak boleh hanya menjadi ajang pencitraan politik. Blusukan harus benar-benar menjadi ajang penyelesaian problem hidup rakyat.

Tanpa hal itu, blusukan hanya merugikan rakyat. "Jangan rakyat cuma diberikan janji-janji surga saat blusukan. Apa masalah yang ditemukan harus ada solusinya," ujar mantan Presiden PKS tersebut.

Mantan Ketua MPR RI itu menyatakan saat ini masyarakat sudah semakin cerdas menerjemahkan sikap politik pejabat publik. Karenanya, Hidayat percaya blusukan yang tidak dibarengi solusi konkrit hanya akan mengecewakan rakyat.

"Pejabat yang berani blusukan harus siap menyelesaikan persoalan," ucap Hidayat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement